Home News Peringati Hari Kartini, Wanita Hebat Ini Bagikan Kisah Sukses 2 UMKM Bersama...

Peringati Hari Kartini, Wanita Hebat Ini Bagikan Kisah Sukses 2 UMKM Bersama Google Bisnisku

ILUSTRASI

Peringati Hari Kartini, Wanita Hebat Ini Bagikan Kisah Sukses 2 UMKM Bersama Google Bisnisku

GKNNEWS.COM – Pada era serba cepat ini kita dituntut untuk lebih “melek” soal digital. Bagaimana tidak? Semua informasi bahkan transaksi dalam berbelanja kini dilakukan dalam genggaman.

Ya, terlebih kini platform digital menjadi solusi terdepan untuk memasarkan produk jualan kita sendiri.

Dalam rangka menyambut Hari Kartini, Google Bisnisku mengundang media untuk bertemu dengan 2 pelaku usaha bisnis UMKM, yakni Purple Cakes yang digawangi oleh Indriani Sapto Ajie dan Hilda Maulidia dari Bunga Davi Florist yang melek digital sehingga bisnisnya berjalan lancar.

Indriani menuturkan bahwa untuk mengembangkan usaha Purple Cakes miliknya, ia segera membuat tanda di Google Maps sehingga jika calon pembeli ingin mencari Purple Cakes, bisa langsung ketemu titik lokasinya.

Setelahnya, Indriani mengatakan barulah dirinya mendaftarkan usahanya di Google Bisnisku atau Google My Business (GMB).

“Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki anak, usaha saya memang belum terlalu go digital. Kalaupun memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan YouTube untuk mempromosikan Purple Cakes, masih belum maksimal,” kata Indriani.

“Oleh karena itu, saya memanfaatkan platform Google My Business (GMB) untuk mengembangkan bisnis saya,” ujarnya kemudian.

Pun dengan Hilda Maulidia dari Bunga Davi. Ia juga mengatakan bahwa dirinya gunakan Google Bisnisku untuk mengembangkan usaha floristnya.

“Beruntung ada GMB yang mampu memberikan solusi. Dengan memanfaatkan fitur GMB, alamat toko saya dapat dengan mudah ditemui melalui Google Maps.

Bahkan, di GMB, saya pun bisa memiliki website sederhana untuk menceritakan profil dan aneka produk Bunga Davi serta memperoleh review pelanggan,” jelas Hilda.

Google Bisnisku merupakan fitur gratis yang mudah digunakan oleh pebisnis dan pemilik organisasi untuk mengelola kehadiran online usaha mereka di Google, termasuk di Penelusuran dan Maps.

Dengan memverifikasi dan menyunting informasi bisnis, kita dapat membantu pelanggan menemukan kita dan menceritakan kisah bisnis kita kepada mereka.

Sehingga, jika kita mengetikkan nama usaha milik kita sendiri atau nama usaha milik orang lain di mesin pencari, akan keluar profil usaha kita di mesin pencarian tersebut.

Profilnya meliputi alamat lengkap, alamat website, nomor telepon, hingga review produk dari para pembeli lengkap dengan rating bintang yang diberikan.

“Kami selalu kagum dengan bagaimana pemilik usaha kecil menggunakan produk seperti Google Bisnisku untuk mengembangkan bisnis mereka.

Masyarakat Indonesia menggunakan Reviews untuk berinteraksi dengan pelanggan dan Maps agar usaha mereka mudah ditemukan.

Kami juga mendengar bagaimana Google My Business (GMB) dapat membantu meningkatkan kredibilitas serta memberikan analytics dan insights penting yang dapat digunakan setiap pelaku usaha untuk membuat keputusan yang akan mempengaruhi masa depan bisnis mereka.

Kami berharap lebih banyak pelaku usaha yang akan mengetahui tentang aplikasi gratis ini dan menggunakannya untuk membantu mereka mencapai kesuksesan,” ujar Jason Tedjasukmana, Head of Corporate Communication Google Indonesia.

Selain bertukar cerita, Indriani Sapto Ajie dari Purple Cakes dan Hilda Maulidia dari Bunga Davi Florist pun mengajak peserta acara Google Bisnisku untuk mendekorasi kue dan merangkai bunga bersama-sama. (*)

Link sumber artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here