Home UMKM Abon Tongkol MA 45 Gianyar Jalan Siswa-siswi Jadi Pelaku UMKM di Bali

Abon Tongkol MA 45 Gianyar Jalan Siswa-siswi Jadi Pelaku UMKM di Bali

ILUSTRASI

Abon Tongkol MA 45 Gianyar Jalan Siswa-siswi Jadi Pelaku UMKM di Bali

GKNNEWS.COM, GIANYAR – Madrasah Aliyah (MA) 45 Gianyar, Provinsi Bali mulai mengarahkan siswa-siswinya menjadi pengusaha muda.

Langkah yang diambil dalam waktu dekat ini adalah mengajarkan siswa-siswanya keterampilan mengolah ikan tongkol menjadi makanan khas abon.

Untuk uji coba pengolahan ikan tongkol menjadi abon, sejumlah pengajar di Madrasah Aliyah (MA) 45 Gianyar membuatnya bersama-sama di sekolah tanpa melibatkan siswa pada Sabtu, 20 Juli 2019.

Setelah olahan selesai, sekolah akan menerapkannya kepada siswa dan siswi untuk melakukan hal sama.

Rencananya, olahan abon akan dikelola secara profesional.

Hal ini menjadi bagian penting agar siswa dan siswi Madrasah Aliyah (MA) 45 Gianyar mampu memanfaatkan peluang usaha sebagai pelaku UMKM.

Pengajar di Madrasah Aliyah (MA) 45 Gianyar uji coba mengolah ikan tongkol menjadi abon, Sabtu, 20 Juli 2019.

Kepala Madrasah Aliyah (MA) 45 Gianyar, Hj Andriani mengatakan, mengolah ikan tongkol menjadi abon bisa menjadi jalan siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) 45 Gianyar berdikari menjadi pengusaha muda.

Hal ini penting agar siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) 45 Gianyar punya bekal setelah lulus nanti, bisa mengembangkan kreativitas dan pengalaman bisnisnya di dunia “nyata”.

“Saya berharap, selain dapat nilai maksimal secara akademik juga punya keterampilan berwirAusaha,”

“Saya berharap, selain dapat nilai maksimal secara akademik juga punya keterampilan berwirausaha,” sebutnya di sela uji coba pengolahan ikan tongkol menjadi abon.

Andriani pun menyisipkan penerapan mata pelajaran ekonomi, yakni bisnis plan dalam mengelola perusahaan.

“Semoga saja olahan ikan tongkol menjadi abon yang dibuat anak-anak nanti jadi produk UMKM sekolah. Dan bisa dirasakan oleh pasar di Gianyar dan Bali umumnya. Bahkan dengan adanya media sosial, produk abon tongkol dari Madrasah Aliyah (MA) 45 Gianyar bisa menasional,” pungkasnya. (gknnews.com)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here