Home Headline Anda Memiliki Potensi Memulai Bisnis Online?, Simak Langkah-langkahnya

Anda Memiliki Potensi Memulai Bisnis Online?, Simak Langkah-langkahnya

pixabay/ILUSTRASI : seseorang mempelajari online marketing/muneebfarman

GKNNEWS.COM, – Seluruh negara sedang dilanda virus corona atau Covid-19, termasuk Indonesia. Hingga mengakibatkan kondisi masyarat yang memiliki usaha terpaksa harus mendapatkan kerugian bahkan sampai gulung tikar. Akan tetapi, dengan kondisi seperti saat ini bukan berarti kita pasrah dan patah semangat.

Meski dalam keadaan dilanda Covid-19, namun sebaliknya dengan keadaan dunia teknologi yang mengalami kemajuan. Anda dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menunjang beraktifitas, seperti membangun pasar online, promosi produk dan berbisnis secara digital.

Membangun bisnis secara online memang bukan suatu hal yang asing lagi sekarang ini. Namun masih terdapat beberapa orang yang diantaranya ragu serta belum sepenuhnya memahami langkah-langkah untuk melakukan bisnis secara online.

Berikut langkah-langkah agar sukses dalam melakukan bisnis online :

1. Belajar Memahami Teknologi dan Konsep Bisnis Online

Pertama yang harus Anda lakukan sebelum menjalankan bisnis online adalah dengan mempelajari tentang teknologi. Mempelajari teknologi menjadi prasyarat agar Anda dapat menjalankan bisnis dengan lancar. Sebab bisnis online menuntut adanya pemasaran dan proses jual beli secara cepat, dan tepat melalui jaringan internet.

Untuk langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah pelajari bagaimana cara melakukan bisnis online. Kemudian Anda dapat mencari tahu bagaimana konsep bisnis yang akan dijalankan nantinya. Lalu Anda dapat menjalankan bisnis online baik sebagai reseller atau menjual produk sendiri

2Mempersiapkan Mental

Bisnis adalah suatu bentuk usaha yang menuntut adanya kesiapan mental yang matang. Usahakan Anda memiliki kesiapan diri yang matang dan sudah memperhitungkan kesiapan bisnis yang akan dijalankan. Hindari berbisnis online hanya karena Anda mengikuti trend saat ini.

3Mempersiapkan Modal

Setiap jenis bisnis yang dijalankan tentunya menuntut adanya modal, termasuk dalam bisnis online. Untuk bisnis online dengan konsep reseller terhitung cukup ringan. Hanya berbekal koneksi internet dan smartphone, Anda sudah bisa memulai bisnis online. Sedangkan jika Anda menjual produk sendiri, anda harus mempersiapkan seluruh modal, baik biaya produksi dan pemasaran secara online.

4. Memiliki Pengetahuan yang Cukup dalam Bisnis Online

Jika pengetahuan Anda tentang bisnis online dirasa belum cukup, Anda tidak perlu hawatir. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, yakni dengan giat mengikuti diskusi-diskusi tentang bisnis online. Selain daripada itu, Anda juga bisa mengikuti komunitas-komunitas bisnis online di berbagai media sosial. Banyak sekali komunitas bisnis online yang dapat Anda ikuti, seperti group Facebook, Whatsaapp dan lain sebagainya.

Dengan begitu Anda dapat menyerap banyak pengetahuan seputar dunia bisnis online, termasuk dapat mempertanyakan sebuah permasalahan seputar bisnis online yang sedang Anda jalankan.

5. Membangun Kerjasama Tim yang Baik

Bisnis online tidak hanya bisnis yang dapat dikelola secara pribadi saja. bahkan Anda akan membutuhkan sebuah tim yang mampu mempermudah pengelolaan bisnis online tersebut. Bangunlah kerjasama tim yang baik, sebab kerjasama tim akan sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis online anda.

Dalam membangun kerjasama tim yang baik, Anda perlu mencari rekan kerja yang memiliki visi dan misi yang sama. Setelah tim kerja terbentuk, Anda perlu menejerial tim yang jelas agar langkah kerja Anda dan tim semakin terarah serta efektif. Anda juga harus mengadakan evaluasi secara berkala, yang dimaksudkan untuk mengontrol kinerja dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Memilih dan Melihat Peluang Bisnis Anda

Langkah selanjutnya, kesuksesan bisnis online dapat juga dengan melihat peluang bisnis Anda kedepan. Perlunya sebuah pertimbangan, beberapa hal penting diantaranya modal yang perlu Anda keluarkan, keuntungan yang akan didapatkan, strategi yang akan diterapkan dan kemungkinan lainnya, seperti kendala yang akan dihadapi. Semua itu harus anda baca agar bisnis online dapat terukur.

Dalam memilih bisnis online yang akan dijalankan perlu kiranya disesuaikan dengan kondisi Anda sekarang. Jika Anda masih mahasiswa atau pelajar, dapat memilih bimbel online. Sedangkan jika anda ibu rumah tangga atau sedang menganggur pilihlah bisnis online yang sesuai, misalnya menjual peralatan rumah tangga, pakaian atau makanan dan jenis lainnya. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat mengukur sejauh mana kemampuan dalam mengelola bisnis online tersebut.

7. Merancang Bisnis Online yang Akan anda Jalani

Perlu Anda memiliki sebuah rancangan bisnis dengan strategi dan langkah-langkah untuk menjalankan bisnis online. Perencanaan bisnis ini akan memungkinkan Anda menghitung biaya operasional yang harus dikeluarkan, termasuk strategi pemasaran yang akan digunakan. ***

 

Penulis : Abdul Mugni

Editor : Pipin Lukmanul Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here