Home UMKM Begini Cara Pemkab Pemalang Manjakan Pelaku UMKM

Begini Cara Pemkab Pemalang Manjakan Pelaku UMKM

Begini Cara Pemkab Pemalang Manjakan Pelaku UMKM. Program PTSL di Kabupaten Pemalang telah membagikan Ratusan Sertifikat Tanah yang pembuatannya secara gratis

GKNNEWS.COM, PEMALANG – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi satu di antara bidikan pemerintah dalam menggalakan kegiatan ekonomi lokal yang bisa mengangkat produktifitas masyarakat dalam meningkatkan penghasilan.

UMKM memunculkan berbagai produk produk kreatif yang itu dihasilkan dari potensi lokal daerah baik SDM-nya, maupun bahan baku seperti hasil pertanian, perkebunan, dll , serta banyak produk UMKM yang berkembang menjadi produk unggulan suatu daerah.

Di Kabupaten Pemalang sendiri banyak produk UMKM yang berkembang cukup baik kemudian menjadi satu di antara produk unggulan Kabupaten Pemalang.

Seperti Ogel-Ogel, Olahan Nanas Madu (Vitanas, Cooktail Nanas, stik nanas, kerupuk nanas, selai nanas, wajik nanas dll), olahan mangga istana (dodol mangga, keripik mangga), Olahan Perikanan (Kerupuk ikan nila, Abon, Bandeng Montok, stik ikan, dll), dari Produk Konveksi Kriya Batik Tulis, Sarung Goyor, dll, dan Produk Kerajianan Handycraft ; Kerajianan akar bambu, ukiran limbah kayu, dll.

Tumbuh kembangnya berbagai produk produk UMKM tersebut tentu ada berbagai hambatan.

Seperti SDM, bahan baku produk, Pemasaran, dan tak kalah lebih penting adalah permodalan dan melalui Program PTSL (Pendaftaran Sistematis Lengkap) dinilai bisa menggerakan ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM, sertifikat bisa menjadi modal UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Program PTSL di Kabupaten Pemalang telah membagikan Ratusan Sertifikat Tanah yang pembuatannya secara gratis, sertifikat tanah khusus untuk UMKM tersebut menjadi harapan besar bagi UMKM kedepan bisa membantu UMKM dalam mengembangkan usaha yang digelutinya.

Dalam Kegiatan Pembagian Program PTSL – Sertifikat Tanah Gratis untuk UMKM ; berbagai produk umkm dipamerkan di acara tersebut , dikunjungi langsung oleh Istri Bupati Pemalang ; selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Pemalang. (fedefpemalang)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here