Home Ekonomi Global Hari ini, Perkiraan Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Menguat Rp14.600 –Rp14.685

Hari ini, Perkiraan Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Menguat Rp14.600 –Rp14.685

ILUSTRASI : salah seorang karyawan menunjukan uang rupiah dan dolas AS/oke zone.com

GKNNEWS.COM, – Rupiah hari ini diperkirakan melanjutkan tren penguatan, dan bergerak di kisaran level Rp14.600 -14.685 per-dolar AS, pada Kamis (23/7/2020). Bahkan kemarin, kurs rupiah mampu menguat hingga sebesar 91 poin atau 0,62 persen ke level Rp14.650 per-dolar AS.

Penguatan rupiah pada Rabu ini, hingga membawanya memimpin apresiasi di antara mata uang Asia yang rata-rata menguat moderat, seperti Won Korea Selatan +0,22 persen, dan Dolar Taiwan +0,19 persen.

Mengutip artikel Bisnis.com berjudul “Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, 23 Juli 2020”, Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi, mengatakan pasar merespon positif tercapainya kesepakatan para pemimpin Uni Eropa terkait paket penyelamatan ekonomi untuk menghadapi pandemic Covid-19.

“Selain itu, ada kabar positif dari Pfizer dan BioNTech melaporkan data awal positif seputar vaksin anti-corona yang mereka kembangkan,” kata Ibrahim.

Dari dalam negeri, melalui cuitan twitter akun Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa Indonesia akan segera menggelar uji coba vaksi tahap ketiga. Upaya pemerintah tersebut akan melibatkan sebanyak 1.620 sukarelawan. Bahkan prosesnya dan protokolnya pun didampingi secara ketat BPOM.

Apabila berhasil, BUMN Bio Farma akan memproduksi vaksin dengan kapasitas 100 juta dosis per-tahun. Pemerintah getol dalam pelaksanaan penanganan Covid-19, karena apabila tidak ditangani secara serius maka virus ini akan mengancam keberlangsungan ekonomi.

Screen Capture akun Twitter Presiden Joko Widodo/@jokowi/Pipin L Hakim

Upaya meredam penyabaran virus melalui kebijakan pembatasan sosial sudah dilaksanakan. Akan tetapi kurang efektif, hal ini membuat roda ekonomi tidak bergerak. Mengakibatkan perekonomian dalam negeri terus terkontraksi.

“Ancaman ini tidak akan hilang sebelum virus corona berhasil dienyahkan, obat dan vaksin menjadi kuncinya. Begitu sarana untuk membasmi virus ini sudah tersedia, maka dunia akan kembali hidup normal dan roda ekonomi kembali berputar,” ungkap Jokowi.

Kemudian dalam perdagangan kemarin rupiah ditutup menguat pada angka 91 poin, di level Rp14.650 yang sebelumnya berada pada level Rp14.741. Dalam perdagangan hari ini, rupiah kemungkinan masih akan terus meguat berada di kisaran level Rp14.600 –Rp14.685. ***

 

Editor : Pipin Lukmanul Hakim

Sumber : Bisnis.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here