Home Travel Menanti Keseruan Festival Apangi Setiap Malam 10 Muharram, Keluarga Agustina Bikin Apangi...

Menanti Keseruan Festival Apangi Setiap Malam 10 Muharram, Keluarga Agustina Bikin Apangi 3.500 Biji

Warga sedang membuat kue apangi untuk persiapan perayaan Festival Apangi. Warga Kelurahan Dembe Satu, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo pun mulai bersiap. . dokumentasi/istimewa

Menanti Keseruan Festival Apangi Setiap Malam 10 Muharram, Kluarga Agustina Bikin Apangi 3.500 Biji

VIDEO PELENGKAP (tak terkait berita)

GKNNEWS.COM, GORONTALO – Sebentar lagi perayaan Festival Apangi. Perayaan ini biasa digelar setiap malam 10 Muharram.

Warga Kelurahan Dembe Satu, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo pun mulai bersiap.

Persiapan nampak dari rumah warga yang mulai membuat kue apangi, satu di antara jenis kue tradisional Gorontalo yang akan disajikan kepada tamu yang berkunjung ke rumah-rumah warga.

Satu di antaranya seperti yang dilakukan keluarga Agustina Husain.

Pada perayaan tahun ini akan membuat kue apangi dalam jumlah fantastis, yakni sebanyak 3.500 biji.

Kue apangi sebanyak itu akan menghabiskan bahan berupa kelapa untuk membuat santan sebanyak 50 biji, tepung terigu 50 kilogram, tepung beras 50 kilogram, serta bahan lainnya seperti gula pasir dan garam, yang semuanya akan dicampur untuk membuat adonan kue apangi.

VIDEO PELENGKAP (tak terkait berita)

Tim kerja Lurah Dembe I, Zulkarnain Husain saat diwawancara di kediaman keluarga Agustina Husain, Sabtu (7/9/2019), mengatakan Festival Apangi dimulai pada tahun 2016 yang diinisiasi Pemerintah Kelurahan bersama Karang Taruna Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, PKK, serta mendapatkan dukungan dari seluruh masyarakat.

Dijelaskannya, penyelenggaraan Festival Apangi tersebut bertujuan untuk memromosikan, mendukung, dan sekaligus menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Dembe I yang sejak tahun 2005 ditetapkan sebagai destinasi Wisata Budaya di Kota Gorontalo.

VIDEO PELENGKAP (tak terkait berita)

“Pada tahun 2016 seluruh elemen masyarakat menyepakati diadakannya sebuah festival yang mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Dembe I, yaitu Festival Apangi. Konsepnya kita menyajikan kue apangi kepada setiap pengunjung yang datang ke rumah-rumah warga di Kelurahan Dembe I yang waktu pelaksanaannya kita tetapkan bertepatan dengan 10 Muharram karena sesuai budaya masyarakat Gorontalo kue apangi itu dikonsumsi saat berbuka puasa pada hari Assyura,” jelas Zulkarnain.

Artikel Terkait SMKN 1 Gorontalo Sukses Kembangkan Gerakan Literasi Sekolah
Zulkarnain menambahkan pada tahun keempat pelaksanaan Festival Apangi yang akan digelar pada tanggal 9 September 2019, ditargetkan jumlah apangi yang akan disajikan berjumlah 200.000 biji kue apangi.

“Tahun 2018 target kami hanya 100.000 biji, ternyata realisasinya jauh melampaui target yaitu sebanyak 180.000 biji kue apangi. Sehingga itu tahun ini kita targetkan sebanyak 200.000 biji kue apangi,” ujarnya.

Persiapan juga nampak dari kesibukan panitia yang mulai menyiapkan panggung utama Festival Apangi di lapangan Kelurahan Dembe 1, termasuk menyiapkan satu buah lagu khusus untuk Festival Apangi yang diberi judul Apangi 4. Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap penyelenggaraan Festival Apangi, panitia menciptakan satu buah lagu khusus berbahasa daerah Gorontalo. (*)

LINK SUMBER ARTIKEL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here