Home Headline Mengenal Sosok Sobir Lubis, ‘yang Pertahankan Usaha Adalah Hidup Anda’

Mengenal Sosok Sobir Lubis, ‘yang Pertahankan Usaha Adalah Hidup Anda’

- Mengawali bisnis sebagai pengusaha UMKM tentu saja akan membuat Anda bekerja lebih ekstra begitu pula dengan Sobir Lubis dengan kisah UMKMnya yang dapat menjadi inspirasi bisnis untuk Anda. Hal ini akan menjadi sebuah cerita yang pasti akan diulik ketika bisnis Anda berkembang pesat suatu saat nanti.

Mengenal Sosok Sobir Lubis, ‘yang Pertahankan Usaha Adalah Hidup Anda’

Menghadapi berbagai ketidakpastian dalam pasar akan membuat Anda berpikir jauh ke depan untuk memulai sebuah bisnis. Bahkan untuk sebuah bisnis kecil sekali pun. Meskipun begitu, ketika Anda memulai sebuah bisnis dari nol dan menghargai tiap prosesnya. Anda akan memahami bahwa segala perjuangan Anda pasti berbuah manis di profit yang didapatkan oleh perusahaan Anda.

VIDEO PELENGKAP (tak terkait berita)

GKNNEWS.COM – Mengawali bisnis sebagai pengusaha UMKM tentu saja akan membuat Anda bekerja lebih ekstra begitu pula dengan Sobir Lubis dengan kisah UMKMnya yang dapat menjadi inspirasi bisnis untuk Anda.

Hal ini akan menjadi sebuah cerita yang pasti akan diulik ketika bisnis Anda berkembang pesat suatu saat nanti.

Perjuangan yang tiada henti akan membuat Anda mempertahankan usaha Anda seperti itu ialah hidup Anda.

Yuk simak kisah sukses dari pebisnis UMKM yang berhasil mengembangkan usahanya hingga memiliki ratusan karyawan berikut ini seperti dikutip dari Finansialku.

Untuk memulai sebuah bisnis, Anda memerlukan tekad yang kuat dan sebuah usaha ekstra.

Tidak hanya itu, menghadapi berbagai ketidakpastian dalam pasar akan membuat Anda berpikir jauh ke depan untuk memulai sebuah bisnis.

Bahkan untuk sebuah bisnis kecil sekali pun. Meskipun begitu, ketika Anda memulai sebuah bisnis dari nol dan menghargai tiap prosesnya.

Anda akan memahami bahwa segala perjuangan Anda pasti berbuah manis di profit yang didapatkan oleh perusahaan Anda.

Perusahaan yang baik bukan hanya mandiri, tetapi yang juga memanfaatkan orang lain, seperti dengan membuka lowongan pekerjaan.

Menjadi seorang pengusaha UMKM yang juga begitu rawan dengan berbagai pertimbangan, karena keputusan dan segala aktivitas masih menjadi tanggungjawab Anda secara pribadi tanpa bantuan dari siapa pun.

Namun, menjadi pengusaha UMKM bukan berarti Anda tidak bisa menerima saran dari siapapun. Seperti yang dilakukan oleh Sobir Lubis yang kini sukses dengan mengangkat kearifan lokal di Mandailing atas motivasi dari seseorang.

Cerita sukses dari pengusaha UMKM yang berhasil menjadi pebisnis dengan ratusan karyawan ini begitu menarik untuk diulas. Karena pasti, usaha yang tengah digelutinya sekarang bukan serta merta hasil instan yang didapatnya begitu saja.

Ia pastinya telah mengalami pasang surutnya keyakinan. Hingga ia bertemu dengan seorang Ivan yang membuatnya yakin untuk memulai usahanya.

Memulai Usaha Setelah Bertemu Sosok Ini
Sobir Lubis, pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang telah mengecap berbagai pengalaman pahit dan manisnya perjuangan usaha bagas godang dan gordang sambilan.

Kisah bisnisnya ini dimulai ketika ia selesai bertemu dengan seorang Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) yang bernama Ivan Batubara di Mandailing Natal.

Sosok Ivan Batubara sendiri ialah seorang yang dinilai sangat mencintai kampung halamannya, yaitu Mandailing Natal, sehingga mampu menguatkan branding dan usaha peningkatan kualitas dari kampung halamannya tersebut.

Ia pun mendukung berbagai usaha dari berbagai kalangan, lalu memberikan pendampingan dalam pengelolaan bisnis.

Hal itu dilakukannya untuk mendorong pertumbuhan UKM di Sumatera Utara.

Apakah Anda ingin memulai bisnis tapi bingung bagaimana merencanakannya? Anda dapat membaca ebook Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis dibawah ini secara gratis agar dapat membantu Anda dalam merencanakan Bisnis.

Sukses Sobir Lubis Dalam Berbisnis
Pria yang berkecimpung dalam dunia bisnis dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada dan berhasil membuat hal itu menjadi miniatur rumah adat dan juga alat musik khas Sumatera Utara.

Ia yakin memulai usahanya dengan bantuan dan dorongan menjadi wirausaha bidang ekonomi kreatif dari Kadin Sumut waktu itu.

Memulai sebuah bisnis adalah hal yang sulit untuk dilakukan.

Karena saat Anda tidak serius dalam menjalani usaha Anda, Anda tidak akan dapat berjuang melawan kompetitor yang juga sama kreatifnya dengan ide Anda.

Namun, bukan berarti hal itu dapat menghentikan usaha untuk memulai bisnis. Anda harus mencari solusi lain untuk menghadapi hal tersebut.

Anda bisa mulai mengembangkan kreasi dari lingkungan terdekat Anda, dengan memberinya sedikit sentuhan inovasi yang akan membuat produk tersebut lebih menarik pangsa pasar.

Seperti yang dilakukan Sobir Lubis, yang mengembangkan UMKM berdasarkan kebudayaan yang ada di Sumatera Utara.

Selain dari segi profit yang akan dihasilkan dalam memulai sebuah bisnis, Anda harus pula memikirkan manfaat dari keberadaan bisnis yang Anda kelola.

Apakah dengan adanya bisnis tersebut, maka lingkungan Anda dapat menjadi berkembang lebih maju dari sebelumnya? Apakah dengan keberadaan usaha tersebut dapat membuka lowongan pekerjaan di lingkungan Anda?

Seperti yang dikatakan oleh Ivan Batubara kepada Sobir Lubis sebelum memulai bisnisnya, bahwa pengusaha haruslah mengembangkan usaha yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

Sebelumnya, ia hanya memiliki dua orang pengrajin, tetapi saat ini sudah lebih dari seratus pengrajin yang membuatnya menerima penghargaan sebagai UMKM terbaik se-Sumatera Utara versi Bank Sumut.

Sobir Lubis yang merupakan seorang Ketua Kampoeng Kaos Madina, ia mengatakan bahwa untuk melihat kesuksesan seseorang bukanlah saat orang itu berada di atas.

Melainkan saat ia turun jatuh, karena dari situ dapat dilihat prosesnya untuk bangkit. Sebagai pebisnis apalagi Anda merupakan seorang pemilik UMKM, Anda harus menjadi sosok yang kreatif dan tahan banting.

Anda harus mampu bangkit untuk menjadi pemimpin yang dapat mengayomi para pekerja Anda. Karena dalam kondisi terpuruk sekali pun Anda tetap dituntut untuk bangkit kembali tanpa putus asa.

Kampoeng Kaos Madina yang diketuai oleh Sobir Lubis ini sendiri merupakan usaha miliknya yang berisikan sejumlah pengrajin yang mengolah bahan sisa olahan godang dan gordang sambilan menjadi sebuah miniatur atau replika aslinya.

Sebagai alat musik yang sakral, para pengrajin membuatnya terlihat semirip mungkin dengan aslinya.

Anda sebagai pebisnis harus memiliki sikap yang optimis dalam keadaan genting sekalipun.

Jika Anda telah memiliki semangat untuk terus mengembangkan dan mempertahankan bisnis dalam kondisi stabil, ketika bisnis tersebut berada dalam kondisi terpuruk. Maka Anda adalah orang yang telah sukses menjadi seorang pengusaha.

Inspirasi Bisnis
Menjadi pengusaha UMKM yang sukses bukan hanya sebagai pelaku ekonomi yang berjaya sendirian dalam lingkungan.

Namun, juga seorang pebisnis yang mampu bermanfaat bagi lingkungan dan dapat membuka lowongan kerja baru. Sekaligus seorang pebisnis yang bisa menerima saran dari orang lain.

Memulai sebuah bisnis yang berbasis ekonomi kreatif membutuhkan banyak pemikiran dari berbagai sudut pandang.

Jadi apakah Anda siap memulai bisnis dan merancang kesuksesan seperti Sobir Lubis? Bagikan pendapat Anda pada kolom komentar.

Jangan lupa bagikan informasi yang menginspirasi di atas pada rekan sesama pebisnis UMKM atau siapa saja yang ingin menjadi lebih sukses lagi. (*)

LINK SUMBER ARTIKEL + FOTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here