Home UMKM ‘Mesranya’ Pelaku UMKM di Jawa Timur dan Tokopedia untuk Hadapi Era Industri...

‘Mesranya’ Pelaku UMKM di Jawa Timur dan Tokopedia untuk Hadapi Era Industri 4.0.

Mesranya Pelaku UMKM di Jawa Timur dan Tokopedia untuk Hadapi Era Industri 4.0.

VIDEO PELENGKAP (tak terkait berita)

GKNNEWS.COM – Puluhan pelaku UMKM di berbagai sektor khususnya di Jawa Timur, diundang mengikuti pelatihan yang dilakukan Tokopedia.

Pelatihan dengan UMKM ini untuk menghadapai era industri 4.0.

Pelatihan dilakukan di Konoiku Coffee Shop dengan mendatangkan beberapa pembicara dari Tokopedia, Mekari dan Konoiku Coffee Shop sebagai fasilitator acara pelatihan ini.

Acara ini bertajuk Sinau UMKM Bareng Tokopedia & Jurnal.ID dengan tema ‘Strategi Pemasaran UMKM dalam Menghadapi Industri 4.0’ berlangsung Minggu (28/7/2019).

Sangat penting bagi pelaku UMKM untuk pro aktif dalam mencari informasi tentang bisnis yang mereka geluti agar bisa bersaing dengan sehat di pasar nasional maupun global.

Kehadiran tenaga pendamping yang memfasilitasi kegiatan mentoring bagi UMKM sangat dibutuhkan untuk memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM terutama untuk konsultasi pengembangan bisnis.

Tokopedia sebagai perusahaan teknologi yang bergerak di bidang e-commerce dan memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi Indonesia secara digital, berkontribusi secara langsung membantu UMKM untuk berkembang dengan menyediakan sarana bertukar ilmu melalui pelatihan ini.

Persaingan di era digital ini menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku UMKM di Indonesia. Maka, perlu adanya pendampingan untuk pelaku UMKM agar mereka tetap bisa bersaing dengan maksimal.

Salah satu caranya adalah mendorong UMKM untuk mendigitalisasi bisnisnya agar tetap bisa bersaing tidak hanya secara nasional tapi juga diharapkan bisa go international.

“Kami sengaja hadir di tengah masyarakat yang berlatar belakang usaha kecil menengah ini untuk membantu mereka dalam mendigitalisasi produk dan melahirkan pengusaha pengusaha mandiri,” dikatakan perwakilan dari Tokopedia, Dewo.

Hadirnya kegiatan ini merupakan sebuah langkah yang tepat dalam membantu memasarkan produk UMKM yang selama ini dikenal kalah bersaing dengan produk asing.

Tidak hanya itu, pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini juga mendapatkan ilmu bagaimana agar produk yang mereka miliki bisa bertahan dan diminati oleh pasar.

“Kegiatan yang diinisiasi oleh Tokopedia ini memberikan dampak yang sangat positif terutama cara pemasaran produk UMKM yang selama ini menjadi problem utama bagi bisnis UMKM itu sendiri,” ujar Bagas selaku koordinator UMKM Jawa Timur.

Tokopedia berkomitmen untuk terus mendampingi UMKM dalam proses pejualan produk UMKM terutama melalui kanal digital.

Kedepannya, diharapkan kegiatan ini tidak hanya diadakan di Surabaya saja tapi di kota-kota lain di Indonesia untuk bisa melahirkan sebuah ekosistem yang kondusif bagi pengusaha mandiri yang bisa menjadi pahlawan ekonomi Indonesia.

Warga Lokal adalah sebuah komunitas yang dibuat oleh sekumpulan arek-arek Suroboyo yang peduli dengan Kota Surabaya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan perkotaan penuh dengan kompleksitas yang menimbulkan beberapa isu-isu kehidupan perkotaan yang membuat masyarakat kurang nyaman.

Isu-isu ini perlu disadari oleh masyarakat agar masyarakat tetap pro aktif membantu pemerintah kota untuk menjaga kota tetap nyaman ditinggali.

Warga Lokal hadir sebagai komunitas yang mendorong peningkatan kemawasan diri individu masyarakat kota terhadap isu-isu yang sedang berkembang di kota, khususnya Surabaya.

Warga Lokal akan menyediakan forum edukasi untuk bertukar ide, gagasan dan berbagi pengalaman tentang kehidupan perkotaan.

Warga Lokal juga terbuka untuk kesempatan kolaborasi dengan berbagai stakeholders dan komunitas di Surabaya maupun kota-kota lain di Indonesia. (*)

LINK SUMBER BERITA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here