Home Ekonomi Global Presiden China Sebut Investasi di Afrika untuk Pembangunan

Presiden China Sebut Investasi di Afrika untuk Pembangunan

Delegasi Afrika berjalan melalui layar panel yang menampilkan rekaman video pertemuan Presiden China, Xi Jinping dengan Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed menjelang berlangsungnya Forum Kerjasama China-Afrika di Beijing, 3 September 2018. (FOTO: www.voaindonesia.com)

GKNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden China Xi Jinping mengatakan kepada para pemimpin politik dan bisnis Afrika, Senin (3/9/2018) bahwa investasi China di benua itu dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan pembangunan Afrika, dan bukan semata-mata “proyek mercusuar.”

Pernyataan Presiden Xi dalam membuka Forum tiga tahunan tentang Kerjasama China-Afrika di Beijing itu disampaikan untuk meyakinkan para anggota delegasi dari Afrika tentang prakarsa yang dikenal sebagai “Belt and Road” (“Sabuk dan Jalan”) yang meminjamkan miliaran dolar ke negara-negara Asia dan Afrika untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur besar-besaran. Para pengkritik rencana Xi itu mengatakan utang besar kepada China akan melilit negara-negara itu.

“Investasi China di Afrika datang tanpa ikatan politik,” kata Xi kepada kelompok itu. “China tidak ikut campur dalam urusan internal Afrika dan tidak memaksakan kehendaknya sendiri di Afrika,” tambah Xi seperti dilansir GKNNEWS.COM dari www.voaindonesia.com, Senin (3/9/2018) .

China telah membuat terobosan di benua Afrika dalam beberapa tahun terakhir, dengan membuat kesepakatan perdagangan dan pembangunan infrastruktur dengan beberapa negara. Presiden Xi menjanjikan pinjaman dan bantuan sebesar $60 miliar untuk Afrika pada forum China-Afrika sebelumnya pada tahun 2015, yang diselenggarakan di Afrika Selatan. [lt/gkn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here