Home Headline Tahukah Anda Mengapa Bandung Lebih Dingin dari Biasanya?, Yuk Cari Tahu!

Tahukah Anda Mengapa Bandung Lebih Dingin dari Biasanya?, Yuk Cari Tahu!

pixabay/ILUSTRASI : Masjid Agung berada di alun-alun Kota Bandung/hamdansumedang

GKNNEWS.COM, – Beberapa hari ini warga kota Bandung merasakan suhu udara terasa lebih dingin tidak seperti biasanya, terutama udara di saat malam hari dah pagi hari.

Terkait hal tersebut, menurut Prakiraan Cuaca BMKG Bandung, Muhammad Iid, suhu udara dingin disebabkan karena adanya pengaruh hembusan angin yang berasal dari kawasan Australia.

Selain itu, kata Iid, fenomena ini juga sering terjadi di musim kemarau. Tercatat suhu udara berada di kisaran 17,6 derajat celcius pada Minggu 16 Juli 2020.

“Suhu udara hari ini, tadi pagi tercatat pada 17,6 derajat celcius. Kondisi ini wajar, karena kita dalam periode kamarau. Ditambah lagi dikawasan Australia sedang musim dingin, suhu udaranya sekitar 11 derajat celcius,” kata Iid.

Mengutip artikel yang telah dimuat prfmnews.Pikiran-Rakyat melalui laman fixindonesia berjudul “Udara Bandung Lebih Dingin dari Biasanya, Ini Loh Penyebabnya“. Prakiraan cuaca pada hari ini, secara umum untuk wilayah kota Bandung dan sekitarnya akan cerah hingga berawan sepanjang hari.

Sementara itu, suhu di kota Bandung saat ini turut dipengaruhi kecepatan angin dan awan yang sedikit. Sehingga sinar matahari tidak terlalu terserap.

“Sedikitnya awan sehingga sinar matahari tidak terserap, maka menyebabkan suhu udara dingin,” ujarnya.

Sedangkan pada siang hari, suhu maksimum tercatat hingga 29,9 derajat celcius. “Kelembapan udara sekitar 50 – 87 persen, dan angin dari arah Tenggara berkecepatan 6 hingga 22 km pr-jam,” tandasnya. ***

 

Editor : Pipin Lukmanu Hakim

Sumber : FixIndonesia.Pikiran-Rakyat.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here