Home News Untuk Petani dan Peternak yang Ingin Ajukan Izin Ekspor, Ini Janji dari...

Untuk Petani dan Peternak yang Ingin Ajukan Izin Ekspor, Ini Janji dari Mentan

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. | FOTO NUSAKINI

GKNNEWS.COM, BALI – Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman ekspor 32 ribu anak ayam dan 40 ribu ton buah manggis di Cargo Bandara Ngurah Rai, Kamis (6/9/2018).

Andi Amran Sulaiman mengapresiasi kinerja para petani di Bali atas kerja keras dalam menjalani proses dari nol sampai bisa mengekspor hasil beternak dan bertani.

Sektor pertanian saat ini melakukan gerakan nyata, serta mendorong ekspor di saat rupiah yang melemah. Dia berjanji akan mempermudah izin ekspor bagi seluruh petani dan peternak di Indonesia.

Sebutnya, yang dulunya membutuhkan sebulan, namun sekarang hanya 3 jam, hal itu sangat membantu proses ekspor produk-produk dalam negeri.

“Kami minta kepada seluruh Kementrian Pertanian, kalau ada yang mau ekspor, bila perlu antarkan izinnya. Kita ini pelayan rakyat. Kita akan layani secara baik, agar mendorong para pengusaha yang mau ekspor. Semoga sebentar lagi (rupiah) menguat, kita dorong ekspor,” jelasnya.

“Kementrian Pertanian akan merekomdasi terkait urus izin ekspor khusus sektor pangan. Ini bukan lagi menjemput bola, tapi merampas bola,” ujarnya.

Ekspor anak ayam ke Timor Leste sebanyak 32 ribu dan akan mengalami peningkatan 400 persen untuk tahun depan.
Ekspor buah manggis juga mengalami peningkatan. Tahun lalu saja 19 ribu ton, namun kali ini mengirim 40 ribu ton.

“Saat ini sangat mudah, kami ekspor manggis ke China langsung, tanpa transit lagi melalui Singapura dan Malaysia,” jelasnya. (key)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here