Home Headline William Tanuwijaya dari Penjaga Warnet hingga Sukses Bisnis E-Commerce

William Tanuwijaya dari Penjaga Warnet hingga Sukses Bisnis E-Commerce

Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya/instagram - @liamtanu

GKNNEWS.COM, – Siapa yang tidak tahu dengan situs belanja online Tokopedia, kini menjadi salah satu e-commerce terkenal di Indonesia. Tentu di balik itu semua ada seseorang yang gigih berusaha membangun e-commerce tersebut. Sosok yang gigih ini ialah William Tanuwijaya, ia merupakan pendiri Tokopedia sekaligus salah satu pengusaha sukses di Indonesia.

Kiprah William Tanuwijaya dalam membangun e-commerce tersebut berawal dari rasa jatuh cinta terhadap internet. William lahir di Pematang Siantar pada 11 November 1981, setelah lulus sekolah ia memutuskan untuk merantau ke Jakarta, dan melanjutkan pendidikan ke Peguruan Tinggi di Universitas Bina Nusantara dengan mengambil jurusan Teknis Informatika.

Dalam perjalanannya, William pernah mengalami keadaan sulit. Ia yang saat itu masih mengenyam perkuliahan di tahun kedua ayahnya jatuh sakit. Sehingga kondisi tersebut memaksa dirinya untuk mencari penghasilan sendiri. Dirinya memutuskan untuk mencari pekerjaan sampingan agar bisa tetap melanjutkan study-nya itu, sekaligus untuk bertahan hidup selama kuliah di Jakarta.

William pun bekerja sebagai penjaga warnet (warung internet). Kemudian pada tahun 2007 dirinya terinspirasi perusahaan internet dunia untuk mendirikan Tokopedia. William pun mengajak seorang kawannya Leontinus Alpha Edison untuk memulai Tokopedia ini.

Namun William dan kawannya ini belum memiliki cukup modal saat itu. Hingga ia putuskan untuk mencari pemodal agar bisa mewujudkan keinginannya tersebut. Usaha William untuk bisa meyakinkan pemodal bukanlah perkara yang mudah.

Meski begitu, pada tahun 2009 William mendapatkan kepercayaan dari salah seorang pemodal untuk membantu mendirikan Tokopedia. Ia berhasil melalui masa sulitnya, sejak tahun 2009 Tokopedia diluncurkan sebagai situs jual beli online. Bahkan tercatat sebagai perusahaan perintis (startup) dengan status unicorn dengan valuasi lebih dari U$$ 1 Milir.

William pun kini dikenal sebagai pengusaha muda sukses di tanah air, bahkan ia memperoleh penghargaan Young Global Leaders pada tahun 2016.

Dari kisah perjalanan William Tanuwijaya ini ada ilmu yang bisa kita ambil. Apalagi jika kita ingin memulai bisnis baru, tentunya dengan kegigihan dalam berusaha untuk terus maju. Maka apa yang kita cita –citakan akan bisa terwujud.

Bahkan William berhasil mendirikan startup dan menjadi pegusaha muda sukses dengan usaha kerasnya tersebut. Tunggu apalagi, memulailah dari apa yang bisa kita lakukan saat ini. Dari hal kecil yang bisa kita lakukan, bisnis apapun itu jalankan terlebih dahulu tentunya dengan penuh inovasi baru. ***

 

Penulis : Abdul Mugni

Editor : Pipin Lukmanul Hakim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here